Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi? Ini Penyebab & Solusinya

Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi

" Saat akan tarik tunai di ATM, muncul peringatan Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi? Apakah saldo rekening saya tetap kepotong? Ini penjelasannya!! "


Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi – Di era teknologi yang semakin maju seperti saat ini, pembaharuan sistem perbankan memang sudah seharusnya dilakukan secara berkala.


Tentu saja, hal ini untuk meningkatkan pelayanan dalam sitem perbankan buat nasabahnya. Begitu pula yang dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia.


Namun permasalahan lain terkadang juga ikut muncul. Misalnya muncul Kode Keterangan Error, Kartu ATM BRI Disable hingga ada pesan error “Transaksi Gagal, Chip Kartu Tidak Terbaca”.


Penyebab Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi


Sebenarnya ada beberapa masalah yang menyebabkan munculnya  pesan error “Transaksi Gagal, Chip Kartu Tidak Terbaca” di mesin ATM BRI. 


Dan berikut ini beberapa Penyebab Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi :

  1. Sistem Bank BRI sedang ada pembaharuan (pemeliharaan sistem)
  2. Kartu Chip pada Kartu ATM rusak sehingga tidak terbaca
  3. Mesin ATM error (jaringan error).


Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi 


Beberapa waktu lalu ada banyak nasabah Bank BRI yang mengeluhkan masalah pada Kartu ATM mereka, dimana muncul pesan error “Transaksi Gagal, Chip Kartu Tidak Terbaca” saat transaksi.


Berikut ini Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi :

  1. Periksa Fisik Kartu ATM BRI Anda, apakah kondisi Chip masih bagus atau justru rusak. Jika kondisi Kartu ATM rusak segera minta penggantian Kartu di Kantor Cabang BRI terdekat.
  2. Bila kondisi fisik Kartu ATM dalam keadaan bagus, cobalah gunakan mesin ATM Bank lain karena kemungkinan sedang ada gangguan sistem pada mesin ATM BRI.
  3. Jika kedua cara diatas tetap gagal, sebaiknya kunjungi Kantor Cabang Terdekat atau Hubungi CS BRI.


Baca Juga :

Notifikasi SMS Banking BRI Tidak Muncul, Ini Penyebeb & Solusinya!!

[Terlengkap] 16 Daftar Kode Kesalahan Internet Banking BRI


Itulah penjelasan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi.


Jangan Lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat dan tinggalkan komentar Ya bila ada point yang belum dipahami.


FAQ tentang Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi


Penyebab Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi?

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan Kartu ATM BRI tidak terbaca, misalnya Chip dalam keadaan rusak, adanya gangguan sistem jaringan Bank BRI.


Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi?

Sebaiknya periksa kondisi Chip Kartu ATM BRI dalam keadaan bagus atau sebaliknya. Berikutnya coba lakukan transaksi di mesin ATM Bank lain.


Cara Membersihkan Chip Kartu ATM?

Kartu ATM BRI Chip Tidak Terdeteksi atau tidak terbaca bisa disebabkan oleh chip yang kotor. Untuk membersihkannya cukup mudah, silakan gunakan cutton bud dan alkohol lalu usapkan ke chip tersebut.