Begini!! Cara Upload Produk di Shopee Via HP / PC secara Massal

cara upload produk di shopee
" Kamu Penjual? Ingin Upload Produk ke Shopee dalam jumlah yang banyak secara masal (lebih dari 100) "

Cara Upload Produk ke Shopee [Lengkap + Gambar] - Saat ini Belanja Online memang sangat digemari, selain mudah, cepat dan efisien waktu belanja secara online juga dapat kita lakukan di rumah.

Inilah pelung usaha yang patut dicoba, Sebenarnya banyak sekali media yang bisa digunakan untuk berjualan. Mulai dari Media Sosial, Website pribadi atau Marketplace.

Baca Juga :

[Penjual Pemula WAJIB Tahu] Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee
Solusi Shopee Seller Center Error? Gak Bisa Login / Uploud Produk
[Pemula WAJIB Tahu] Cara Daftar & Gunakan Shopee Seller Center


Di Indonesia Marketplace tergolong cukup banyak, Salah satunya adalah Shopee. Dari sekian banyak Toko Online tentu memiliki kelebihan masing-masing. Begitu pula Kelebihan dan Kekurangan Shopee dibandingkan Marketplace lainnya.

Menurut data yang JejakSemut rangkum, di tahun 2018 Shopee tercatat memiliki 38.9 juta pengunjung. Tentu jumlah tersebut sangat potensial buat anda yang ingin berjualan di Shopee.

Lalu Bagaimana Cara Berjualan di Shopee? 

Sebelum mulai berjualan pastinya anda harus membuat toko terlebih dahulu di Shopee baru anda bisa mulai berjualan. Lalu gimana cara membuat akun toko di Shopee?

Buat anda yang belum memiliki toko di Shopee, bisa lihat di [Penjual Pemula Wajib Tahu] Cara Daftar dan Menggunakan Shopee Seller Center.

Bila Toko Sudah di buat, Langkah selanjutnya anda bisa Upload Produk di Shopee lewat HP / PC. Bagaimana Caranya? 


Cara Upload Produk di Aplikasi Shopee Lewat Handphone (HP) / Website


1. Buka Aplikasi Shopee lalu klik Halaman Saya kemudian Toko Saya di pojok kiri atas.

cara upload produk di shopee

2. Lalu Klik Tambah Produk lalu pilih salah satu media yang akan anda gunakan (Kamera, Foto atau Instagram).

cara upload produk di shopee

3. Disini JejakSemut menggunakan Foto sebagai media Upload Gambar. Pilih Gambar Produk yang akan digunakan (maksimal 9 gambar dalam 1 produk).

cara upload produk di shopee

4. Isilah Nama Produk dan Deskripsi Produk yang anda Jual

cara upload produk ke shopee

TIPS :

  • Gunakan " Nama Produk" sesuai dengan barang yang anda Jual. Misalnya anda menjual Reel Pancing. Maka kamu bisa menggunakan Judul " Reel Pancing Shimano Sienna 2500 FE | Murah ". Usahakan hingga Karakter huruf habis, yang paling penting " Nama Produk" harus mempunyai kesan menarik, sehingga pembeli akan penasaran untuk klik produk anda.
  • Isi " Diskripsi Produk " Jelaskan detail produk yang anda jual mulai dari seri/jenis barang, ukuran, merk, berat, warna serta penjelasan lainnya. Pastikan deskripsi tersebut detail sehingga tidak membingungkan calon pembeli, kamu juga bisa menambahkan Hashtag # guna menambah kata kunci pada produk anda (maksimal 20 Hashtag #) Deskripsi produk juga sangat berpengaruh pada tingkat prosentase pembelian dari calon pembeli. Jadi buat Deskripsi Semenarik dan Sedetail mungkin Ya!!

5. Atur Kategori dan Merk Produk anda, pada kolom yang tersedia.

cara upload produk ke shopee

TIPS :

  • Pilih " Kategori " yang menggolongkan produk yang kamu jual. Untuk misalnya saja Reel Pancing maka " Kategori " yang sesuai adalah Hobi & Koleksi. Pastikan Kategori sudah sesuai dengan produk anda, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian calon pembeli saat mencari produk. Kan " LUCU " bila Reel Pancing kamu masukan ke Kategori Fashion!!? tentu calon pembeli akan bingung dan tidak mungkin klik produk anda karena tidak sesuai dengan yang mereka cari.
  • Gunakan " Merk " yang sesuai dengan Produk anda, Jangan Gunakan " Merk " yang berbeda dengan produk yang kamu jual. Tentu pembeli akan sangat kecewa bila produk yang mereka beli tidak sesuai bukan?

6. Masukan Harga, Jumlah Stok yang tersedia dan Variasi Produk.

cara upload produk ke shopee

TIPS :

  • Saat memberikan " Harga " usahakan harga produk anda bisa bersaing dengan Toko Lain. Kenapa? Setiap Calon Pembeli,  hal paling utama yang akan dilihat setelah Nama Produk adalah " Harga ". Harga yang bisa bersaing atau bahkan lebih murah dari Toko Lainnya tentu akan membuat calon pembeli tak berfikir panjang untuk memasukan produk anda ke Keranjang.
  • Dalam mengisikan " Jumlah Stok " harus sesuai dengan jumlah Produk yang anda miliki. Kenapa? Memang kamu boleh mengisi kolom " Stok " dengan angka yang banyak, namun bila orderan yang kamu terima lebih dari Stok asli dan kamu tidak bisa mengirimkan barang tersebut. Tentu hal ini akan menambah Respon Negatif pada Toko anda dan akan berimbas pada kurangnya tingkat kepercayaan Calon Pembeli.
  • Isikan " Variasi " sesuai produk yang anda jual. Dimana " Variasi " terdiri dari pilihan Warna dan Ukuran. Isikan Warna dan Ukuran sesuai dengan produk yang tersedia. Hal ini sangat penting, karena menyangkut kepuasan pembeli dengan barang yang mereka terima (sesuai pesanan atau tidak).

7. Tuliskan Berat, Kondisi dan Grosir produk yang anda jual pada kolom yang ada.

cara upload produk ke shopee

TIPS :

  • Isikan " Berat " produk yang anda jual, anda bisa menambahkan berat produk dengan perhitungan ditambah pembungkus produk saat packing. jika produk kamu besar gunakanlah berat volume  dengan rumus : Panjang x Lebar x Tinggi / 6000 , misalnya 20 cm x 30cm x 20cm / 6000 = 2 kg . Catatan : Jika berat produk dibawah 1.2 kg maka akan terhitung 1 kg dikurir. Jika lebih dari 1.2 kg maka dibulatkan menjadi 2 kg. Berlaku pula untuk 2.2 kg, 3.2 kg, 4.2 kg dan seterusnya. Ketentuan tersebut sesuai dengan peraturan semua kurir di Indonesia.
  • Isikan Detail " Kondisi " Produk anda apa itu Baru atau Bekas.
  • Beri pula keterangan pada " Grosir " bila kamu menyediakan Grosir pada toko anda. Masukan Minimal Quantity dan Maksimal Quantity serta harga produk satuan untuk harga grosir.

8. Tentukan Ukuran Paket, Ongkos Kirim dan Pre Order.

cara upload produk ke shopee

TIPS :

  • Tentukan " Ukuran Paket " yang terdiri dari Panjang,  Lebar dan Tinggi paket.
  • Tentukan pula " Ongkos Kirim " menggunakan Jasa Pengiriman yang kamu sediakan.
  • Tentukan " Pre Order " dimana Pre Order digunakan untuk menetukan perkiraan waktu Barang sampai ke Pembeli.

9. Jika semua detail produk yang dibutuhkan sudah kamu isi, selanjutnya klik Simpan.


Catatan

Apa Bisa Uploud Produk di Shopee Secara Massal / Lebih dari 100 Produk? 

Bisa. Sebelum mulai Upload produk dalam jumlah yang banyak sekaigus, ada persyaratan khusus yang harus kamu penuhi. Dimana Untuk bisa Upload Produk dalam jumlah banyak dengan waktu singkat, terlebih dahulu Penjual diwajibkan mengaktifkan fitur " Mass Upload". Dimana fitur ini bisa digunakan setelah anda mengaktifkan Program Gratis Ongkir terlebih dahulu.

Tertarik untuk mencoba Fitur "Mass Upload "? Yuks aktifkan Mass Upload dengan Cara Aktifkan Program Gratis Ongkir Shopee terlebih dahulu.

Itulah Cara Upload Produk di Shopee melalui Aplikasi di Handphone (HP) maupun Website Shopee. Semoga Toko Anda Laris Manis. Jika Bermanfaat silakan Share ke teman kalian Ya!!