[TERUJI] 7 Trik SEO Tokopedia Agar Tampil Teratas di Pencarian

Tokopedia SEO: Trik Supaya Produk Tampil Teratas di Pencarian 1
" Pengin Toko dan Produkmu di Tokopedia muncul pada pencarian paling atas? Berada pada urutan pertama saat calon pembeli melakukan pencarian di Internet? Teknik SEO jawabannya!! "

Cara Optimasi SEO Tokopedia - Dalam dunia Digital, Ada istilah Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO. Apa itu SEO? SEO adalah teknik - teknik yang biasa digunakan pada suatu situs atau alamat digital untuk menampilkan situs tersebut pada Search Engine.

Sebagai salah satu Marketplace terbesar dan terbaik di Indonesia, Tokopedia memiliki banyak seller / penjual dengan jutaan produk didalamnya dan akan terus bertambah setiap harinya. Untuk itu Teknik SEO perlu kamu terapkan pada Toko kamu.

Baca Juga :

Cara Registrasi Menjadi Seller / Penjual di MatahariMall [Lengkap + Gambar]
Cara Berhenti Promo Shopee Gratis Ongkir Minimal Rp 0 Terbaru
Tutorial Cara Upload Video Produk di Shopee [Lengkap + Gambar]


Tak Terkecuali Tokopedia, Dengan SEO kamu bisa memposisikan produk kamu pada halaman pencarian teratas. Otomatis, Produk kamu bisa dilihat calon pembeli atau pengunjung lebih banyak.

Secara tidak langsung tentunya akan lebih banyak pengunjung yang membeli produk kamu. Seperti apa sih situs yang bisa tampil pada halaman pencarian Tokopedia / Google.


Bagaimana Cara agar Toko / Produk kita bisa Muncul di halaman teratas?


Tidak hanya bisa muncul dihalaman pertama pada Search Engine seperti Google, Bing atau Yahoo. Toko kamu juga bisa muncul dihalaman atas Tokopedia.

Ada beberapa Tips dan Trik SEO tokopedia supaya produk kamu tampil dipencarian teratas. Trik dibawah ini sebenarnya tidak hanya untuk Tokopedia, namun juga berlaku buat SEO Bukalapak, SEO Shopee, SEO Lazada, SEO Zolora, SEO BLiBLi dan semua MarketPalce lainnya. Apa saja itu?

1. Promosi dengan TopAds
Tokopedia SEO: Trik Supaya Produk Tampil Teratas di Pencarian 1

Apa itu TopAds? TopAds adalah iklan yang dipasang untuk mempromosikan produk kamu agar bisa tampil dihalaman teratas Tokopedia. Dimana pemilik toko bisa menentukan biaya per klik iklan. Besarnya biaya perklik sangat menentukan seberapa sering iklan kita akan tampil dan dilihat oleh calon pembeli, misalnya kita memasang besar per klik Rp. 500 atau 600.

Selain TopAds kamu juga bisa memasang iklan di situs / website yang ramai pengunjung, misalnya memasang iklan di situs kami JejakSemut.com. Hubungi pemilik situs lalu lakukan negosiasi harga pemasangan iklan.

2. Terapkan Harga Termurah

Perlu kamu ketahui, pencarian favorit pada Tokopedia adalah harga termurah. Biasanya calon pembeli akan memfilter pencarian ke harga Termurah. Jadi jangan anggap remeh, meskipun selisih 1000 atau 2000 itu sangat penting.

Kamu bisa mempelajari harga yang diterapkan Toko lain (kompetitor) khususnya yang satu Kota atau Daerah misalnya kompetitor memasang harga Rp. 220.000 maka kamu bisa memasang harga lebih murah Rp. 215.000.

Penting :
" Selain itu ada Trik Ampuh yang bisa kamu gunakan, misalnya harga termurah dari produk serupa adalah Rp. 220.000. Maka agar posisi kamu bisa lebih atas, kamu bisa memberi harga Rp. 219.900. Memang selisih harga hanyalah 100 rupiah,  tapi itu sudah bisa menempatkan ke posisi yang lebih atas. "

3. Seberapa Banyak Penjualan

Biasanya calon pembeli lebih yakin bila suatu produk sudah banyak pembelinya. Mereka akan lebih percaya karena produk tersebut sudah banyak pembelinya, terlebih lagi banyak respons positif tentang barang tersebut. Karena sudah banyak terjual, Calon pembeli akan lebih yakin dengan kualitas produk tersebut.

Nah, untuk meningkatkan penjualan, sebagai pendatang baru kamu bisa memasang harga yang sangat murah. Lebih murah dibandingkan produk serupa di pencarian.

" Istilahnya, sedikit untung yang penting kepercayaan terhadap toko kita meningkat dan tentu bakal banyak respons positif dari pembeli. "

Setelah produk tersebut cukup banyak pembelinya, kamu bisa menaikan harga lebih tinggi dari sebelumnya.

4. Selalu Update Produk Terbaru

Produk terbaru yang mimin maksud bukan produk paling baru, namun update ke deskripsi produk terbaru.

Beberapa produk tentu memiliki " Kondisi Kadaluarsa ", misalnya Barang Elektronik atau Gadget. Mengupdate produk, mengubah harga, keterangan produk bisa menarik calon pembeli. Hal tersebut dikarenakan adanya Filter " Produk Terbaru " pada pencarian Tokopedia.

Tentu saja bila produkmu tidak di Update, akan mustahil bisa muncul pada halaman pencarian " Produk Terbaru ".

5. Pasang Foto Produk yang Menarik
Tokopedia SEO: Trik Supaya Produk Tampil Teratas di Pencarian 1

Coba Posisikan anda sebagai pembeli, saat kamu mencari sebuah produk dan kebanyakan produk memiliki gambar yang sama, namun disana terselip 1 produk memiliki gambar yang berbeda. Kamu akan lebih tertarik klik produk yang mana? 

Tentu saja jawabannya Gambar yang berbeda bukan? Ya!! Begitulah, biasanya calon pembeli akan mencari yang lebih mencolok.

Untuk itu sebaiknya modifikasi gambar asli dengan menambahkan hal yang lebih menarik. Misalnya saja produk berupa Gadget, kamu bisa menambahkan tulisan " Free PowerBank" , menambahkan " Bingkai ", " 100% Original " ( bila produk kamu memang asli ), “ High Quality ” ( bila kualitasnya memang bagus ), " Garansi Resmi ” atau Tulisan yang Menarik lainnya.

Adapun " Tulisan yang Menarik " seperti " Paling Murah ", " Paling Laris " dan masih banyak lainnya.

6. Nama Produk yang Paling Sesuai

Apa maksud dari Nama Produk yang Paling Sesuai? Perlu kamu ketahui, pada tampilan hasil pencarian suatu produk terkesan seperti acak, Tapi sebenarnya Tidak!!

Mesin pencari / Search Engine akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan judul yang sama atau paling mendekati. Jadi intinya JANGAN sampai salah tulis nama produk.

Namun tidak semua orang mencari kata kunci yang sama. Misalnya saja " Battery ", setiap pengunjung tentu akan menuliskan kata kunci yang berbeda misalnya Baterai, Batere atau Battery. Jadi kamu bisa menuliskan Judul Produk kamu dengan ketiga kata kunci tersebut, misalnya " Batere / Baterai / Battery Smartphone Nokia ".

Jadi bila pengunjung menuliskan salah satu dari kata kunci tersebut, peluang muncul produk kamu akan lebih besar.

7. Optimasi SEO dengan Sosial Media

Untuk mengoptimalkan SEO, kamu bisa menyambungkan link tautan produk kamu dari Sosial Media. Kamu menggunakan tombol " Beli Sekarang " pada halaman Facebook. Atau menambahkan link tautan Tokopedia pada Profil Instagram kamu.

Trik seperti ini tergolong sangat efektif,  mengingat sosial media sangat banyak penggunanya. Perhatikan juga kata kunci yang kamu gunakan saat menyambungkan backlink ke toko kamu. Pakai kata kunci yang menarik, misalnya " Beli Sepatu ", kata kunci ini lebih menarik dan efektif dibandingkan " Beli Disini " atau " Cek Disini ".

Itulah Tokopedia SEO: Trik Supaya Produk Tampil Teratas di Pencarian 1. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat. Semoga Toko Kamu Laris Manis Ya!!