Cara Registrasi Menjadi Seller / Penjual di MatahariMall [Lengkap + Gambar]

cara daftar seller matahari mall

Cara Daftar Seller MatahariMall - Guna meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen, Matahari juga menghadirkan situs ecommerce. Awal kemunculannya situs tersebut dikenal dengan MatahariMall.com dan kini berubah menjadi Matahari.com.

Seperti yang kita ketahui, Matahari Mall memiliki produk yang sangat beragam terutama Fashion. Tak hanya produk asli Matahari, Matahari Mall juga menggandeng seller / penjual untuk bergabung di marketplace mereka.

Baca Juga :

Cara Berhenti Promo Shopee Gratis Ongkir Minimal Rp 0 Terbaru
Tutorial Cara Upload Video Produk di Shopee [Lengkap + Gambar]
[Pengalaman Pribadi] Cara Atasi Lupa Email & Password Shopee


Guna meningkatkan layanannya, khususnya buat Seller Matahari Mall. Matahari juga menyediakan layanan Seller Center Matahari Mall. Jadi buat anda yang berniat menjual produk di MatahariMall langsung gabung Ya!!

Apa Ada Syarat dan Ketentuan Khusus untuk menjadi Seller Matahari Mall? 

Perlu anda ketahui, untuk menjadi penjual di Matahari.com tidak semudah saat kamu registrasi seller di Shopee, Bukalapak atau Tokopedia. Ada persyaratan khusus yang harus kamu penuhi sebelum menjadi Seller Matahari Mall. Setelahnya kamu bisa mengakses Seller Center Matahari yang akan membantu kamu meningkatkan penjualan.

Berikut ini Syarat dan Ketentuan menjadi Seller / Penjual di Matahari Mall :

  1. Setidaknya memiliki 10 jenis varian produk
  2. Produk yang kamu jual tidak boleh KW, Copy atau SuperCopy, Palsu, Ilegal, Replika, Barang Asli tapi Palsu (Aspal).
  3. Diwajibkan memiliki saldo minimal Rp. 500.000,- di akun MatahariMall (saldo tidak langsung dibayarkan,  namun akan dipotong dari hasil penjualan setelah pengajuan diterima).
  4. Saldo Minimal (500 ribu) bisa dicairkan setelah Toko kamu ditutup. 

Apa Keuntungan Berjualan di Matahari ?

Seperti yang kita ketahui, Matahari merupakan situs ecommerce yang mempunyai modal besar. Dan merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia, karena itu Matahari Mall juga memasang iklan dimana mana, mulai dari Youtube, Facebook, Google Adsense dan masih banyak lainnya.

Jadi Jangan Heran bila Produk anda akan laris manis terjual bila kamu menjadi seller di Matahari Mall.

Peraturan atau Penalty saat Berjualan di Matahari Mall

Berbeda dengan Marketplace lainnya, Matahari Mall selalu menjaga kenyamanan para konsumen mereka. Untuk itu seller yang berjualan di Matahari pun tidak boleh sembarangan. Jika ada penjual yang tidak melayani pelanggan dengan baik, asal asalan, tidak sopan maka mereka akan diberikan hukuman atau penalty.

Hal tersebut semata mata diterapkan hanya untuk kenyamanan pelanggan guna menghindari komplain ke pihak matahari mall.

Adapun jenis Penalty yang dimaksud, antara lain :

  1. Keterlambatan dalam pengiriman barang lebih dari 48 jam setelah order diterima (tidak termasuk hari libur, sabtu dan minggu) denda Rp.  100.000
  2. Pembatalan pesanan (Cancel Order) oleh Seller / Penjual, diberi denda Rp. 100.000
  3. Salah mengirim barang (barang tidak sesuai dengan pesanan), denda Rp. 100.000


Bagaimana Cara Mendaftar menjadi Seller / Penjual di Matahari Mall?? 

Memang kehadiran MatahariMall mendapatkan antusias yang sangat positif dari pecinta belanja. Untuk itu peluang peluang berjualan di Matahari Mall sangat menjanjikan.

Dan berikut ini Cara Mendaftar menjadi Seller / Penjual di Matahari Mall :

1. Klik dan Masuk ke Halaman Pendaftaran Seller Matahari Mall pada halaman ini. Lalu cari registrasi seller.

cara daftar seller matahari mall

2. Lalu isi Formulir Pendaftaran lengkap yang tersedia. Ada 2 Tipe Patnership yang tersedia, yakni "DIY" (Do-It-Yourself) dan "Supply Only" (Consignment).
DIY adalah Foto, tulis deskripsi, upload produk ke sistem, proses dan kirim order semua dilakukan sendiri. Sedangkan Supply Only adalah Kita melakukan semua untuk Anda.

cara daftar seller matahari mall

3. Jika semua informasi telah selesai diisi klik " Kirim " lalu tunggu konfirmasi dari pihak Matahari melalui email.

Dear seller,
" Untuk bergabung dengan mataharimall.com diharapkan untuk mengisi Form Registration dan mengirimkan Foto KTP dan Foto Buku Tabungan. Setelah saya terima FORM REGISTRASI, FOTO KTP, dan FOTO BUKU TABUNGAN, kita akan membuatkan kontrak yang nanti akan kita kirimkan ke seller by JNE untuk seller tandatangani dan kirim balik lagi ke pihak mataharimall.com "

4. Jika disetujui pihak Matahari Mall akan mengirimkan surat tanda tangan kontrak secara fisik diatas materai, surat tersebut akan dikirim melalui kurir JNE.

contoh surat tanda tangan kontrak MatahariMall

5. Proses pengiriman biasanya cuma memakan waktu satu hari saja, via JNE YES.  Tanda tangani surat kontrak tersebut diatas Materai. Lalu kirimkan kembali dokumen tersebut ke Alamat Pengiriman (usahakan memakai jasa pengiriman JNE YES).

6. Apabila surat kontral telah dikembalikan, kamu akan menerima email berjudul " Akses Seller Center " dari  Seller Acquisition Manager anda, yang isinya password untuk login ke Seller Center Matahari.com.

7. Silakan Input data produk kamu lalu tunggu moderasi pihak Matahari Mall. (gambar harus menggunakan background putih dengan ukuran (342 x 342) pixel, maxsimal (2000 x 2000) pixel. Selesai.

Sebenarnya cara mendaftar di Matahari Mall tidak jauh berbeda dengan Marketplace lainnya, hanya saja kamu diharuskan melakukan tanda tangan kontrak fisik diatas materai.