Cari Bibit Ikan? Inilah 7 Ciri Benih Ikan Berkualitas Baik

ciri ciri benih ikan berkualitas
" Cari Bibit Ikan? Seperti apa Ciri ciri Benih Ikan yang Berkualitas Bagus? Seberapa penting Pemilihan Benih pada Budidaya Ikan? Apa pengaruh Bibit Ikan pada Budidaya? Yuks, Simak penjelasan Lengkapnya!! 

Benih Ikan Unggul - Pada Dunia Budidaya, pemilihan bibit berkualitas sangatlah penting. Faktanya sekitar 30% tingkat keberhasilan pada budidaya ikan ditentukan oleh bibit yang berkualitas. Hal itu pastinya akan berdampak pada prosentase keuntungan.

Saat kamu ingin bergelut dalam dunia budidaya perikanan, sebaiknya kuasai dan pelajari dahulu memilih benih ikan berkualitas. Banyak para pembudidaya yang menyepelekan pemilihan benih ikan berkualitas, alhasil gagal panen dan mengalami kerugian.

Untuk itu pengetahuan tentang cara memilih benih ikan yang baik dan beekualitas sangatlah diperlukan. Berikut ini beberapa kriteria tentang ciri bibit ikan unggul dan berkualitas :

Baca Juga :

[Pakan Alternatif ] 5 Cara Membuat Pelet Ikan Apung Sendiri
[Cara Cepat] Menumbuhkan Plankton Pada Kolam Terpal / Semen
Cara Budidaya Cacing Sutra Paling Mudah [dari 0 hingga Panen]



Ciri-Ciri Benih Ikan Baik dan Berkualitas



1. Pembenih / Penjual Terpercaya (Sudah mempunyai Nama dan Terkenal)

Pembenih yang terpercaya ialah mereka yang selalu mengutamakan kualitas benih ikan. Anda dapat menanyakan ke sesama budidaya tentang penjual benih ikan untuk referensi pembenih / penjual benih ikan yang bagus.

Benih yang dihasilkan pembenih terpercaya adalah yang terbaik. Tentunya mereka akan mengutamakan kualitas dan standar yang tinggi agar menghasilkan benih ikan yang bagus dan unggul. Dengan pengalaman yang lama tentang pembenihan juga menjadi nilai tambah tersendiri.

2. Benih Ikan Yang Sehat dan Tidak Cacat

Ciri kedua yaitu sehat dan tidak cacat, secara kasat mata benih ikan yang kita pilih dapat diamati. Usahakan benih yang akan kita budidayakan itu sehat dan tidak cacat, baik cacat karena turunanan maupun karena luka atau penyakit.

Ciri-ciri benih ikan yang sehat adalah benih ikan yang aktif bergerak dan cepat merespon rangsangan. Rangsangan dapat anda coba dengan memberi pakan kepada benih ikan, bila benih langsung menyambar pakan dan berebut maka dapat dipastikan benih tersebut sehat.

3. Ukuran Benih Ikan Sama Besar

Pemilihan ukuran benih sangatlah penting, ukuran benih yang sama dan seragam akan berimbas pada hasil panen nantinya. Benih dengan ukuran yang sama juga akan lebih efektif dalam pemberian pakan karena setiap benih ikan akan memperoleh makanan yang sama tanpa ada yang kalah berebut.

Dan apabila benih ikan tidak sama dapat dipastikan ikan yang lebih kecil akan kalah dalam bersaing berebut makanan. Alhasil benih ikan yang kecil akan tertinggal pertumbuhannya.


4. Benih Ikan Merespon saat Pemberian Pakan


ciri ciri benih ikan berkualitas
benih ikan berkualitas unggul

Seperti yang sudah mimin singgung diatas, salah satu ciri benih ikan yang baik dan berkualitas adalah yang punya respon cepat. Benih dengan respon yang cepat saat diberi rangsangan, misalnya saat diberi makan merupakan salah satu ciri benih yang unggul.


5. Benih Ikan yang Aktif Bergerak

Pergerakan bibit ikan yang aktif disini dimaksudkan berupa gerakan berenang, gesit, lincah serta peka teehadap pergerakan benda. Selain itu bibit ikan juga dicirikan mampu bergerak melawan arus yang lambat. Begitu pula sebaliknya, jika bibit memiliki gerakan yang lamban, malas atau menggantung ditepian kolam menandakan bibit tersebut tidak sehat.


6. Benih Ikan Bebas dari Penyakit

Benih yang tidak sehat dan berpenyakit tentu sangat tidak bagus. Selain benih tersebut mudah mati juga dapat menularkan penyakit ke benih ikan yang lain. Misalnya infeksi jamur pada kulit yang akan mudah menyebar hanya melalui air. Untuk itu usahakan benih tersebut terhindar dari penyakit, virus, bakteri, jamur dan parasit.


7. Sesuai  dengan Standar

Benih yang berkualitas bagus juga harus sesuai dengan standar. Standar tersebut harus memenuhi 2 kriteria yaitu kualitatif dan kuantitatif.

¤ Kualitatif ¤ adalah kondisi benih berdasarkan asal usul dari hasil pengamatan secara kasat mata. Benih yang bagus adalah benih yang berasal dari pemijahan bukan satu keturunan. Tentunya kondisi benih harus aktif, normal dan tidak terserang penyakit.

¤ Kuantitatif ¤ adalah kondisi benih yang dapat anda ketahui dari umur, panjang, besar, kesamaan ukuran dan bobot minimal. Selain itu benih juga harus lincah dan peka terhadap rangsangan dari luar.

Itulah tips cara memilih bibit ikan yang unggul dan berkualitas. Semoga Bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau tambahan tentang artikel diatas silakan tulis di kolom komentar.