Apa Arti Istilah PEND pada Rekening Tabungan BCA? Cek Disini

arti istilah pend pada rekening bca

" Saya baru terima transfer dari Bank lain ke rekening BCA tapi setelah Cek Mutasi Rekening ada keterangan PEND. Apa arti keterangan PEND? Apa transaksi tersebut gagal? Apa saldo sudah masuk? "


Arti Istilah PEND - Layanan Internet Banking (KlikBCA ) dan Mobile Banking (BCA mobile) memang menjadi layanan prioritas bagi nasabahnya. Dengan layanan e-Banking kamu dapat melakukan berbagai transaksi non finansial, seperti Transfer, Cek Saldo, Pembayaran, Pembelian dan Cek Mutasi Rekening / rekening Koran secara online.


Lalu Apa Arti status PEND pada Mutasi Rekening BCA?

arti istilah pend pada rekening bca


Istilah PEND di Buku Rekening BCA adalah transaksi yang telah berhasil namun belum dibukukan oleh Bank BCA. Sedangkan untuk transfer ke rekening Bank lain lewat m-BCA maka transaksi bersifat realtime artinya dana akan diterima saat itu juga. Status PEND akan berganti ketika proses posting atau jurnal harian telah selesai, untuk proses posting sendiri adalah 1 hari kerja.



Dibawah ini pertanyaan yang sering dikeluhkan nasabah seputar PEND pada Mutasi Rekening BCA


Baca Juga :


Berapa Biaya Mengaktifkan Kembali Nomor Rekening BNI?

5 Penyebab User Mobile Banking BNI Digunakan di Perangkat Lain

3 Penyebab Utama Error Penyalahgunaan Kartu di Mesin ATM BNI



FAQ Tentang status PEND pada Mutasi Rekening BCA


Saya transfer via Mobile Banking BCA ke Bank lain, Status PEND padahal Saldo telah berkurang dan Uang belum masuk Rekening tujuan, Apa Penyebabnya?

Status PEND menunjukan transaksi sudah berhasil namun belum dibukukan oleh BCA. Status akan berubah setelah jurnal harian telah selesai atau setelah jam offline Bank BCA, mulai pukul 21:00 dan maksimal pukul 03:00.


Saya memiliki transaksi transfer masuk pada jam 18.00 dan Status PEND lalu cek kembali jam 23.00 namun saldo belum juga masuk. Apa transaksi tersebut gagal?

Status PEND pada Mutasi rekening BCA artinya transaksi telah berhasil namun belum dibukukan. Status akan berubah setelah proses posting selesai, proses posting maksimal 1 hari kerja.


Saya belanja di Online Shop (Tokopedia, Shopee atau Bukalapak) tapi status PEND. Kalo nunggu 1 hari transaksi batal Donk. Bagaimana Solusinya?

Terkait pembayaran yang sudah mendebet Saldo Rekening, tapi Status PEND dapat menghubungi Halo BCA 1500888 untuk pembuatan laporan.


Saya 2 kali Transfer via Virtual Account BCA namun keduanya berstatus PEND. Apa dana saya yang 1 kali bisa kembali?

Terkait kendala Vurtual Account (VA) dimana anda mengulangi transaksi sebanyak 2 kali dan status PEND. Silakan hubungi layanan Halo BCA 1500888 untuk cek status transaksi dan pembuatan laporan.


Saya melakukan tarik tunai di mesin ATM Bank lain sebesar Rp. 1.000.000 tapi uang tidak keluar karena ATM kosong. Setelah dicek mutasi via m-BCA status PEND dan saldo sudah berkurang. Bagaimana Solusinya?

Terkait dana yang sudah terdebet namun uang belum anda terima, sebaiknya segera hubungi Call Center BCA di 1500888.


Tadi saya Top Up saldo buat Shopee, namun status PEND, kira - kira butuh waktu berapa lama ya?

Status PEND berarti transaksi berhasil dilakukan namun belum dibukukan BCA. Status akan berubah setelah jam offline Bank BCA pada pukul 21:00 hingga 03:00.

 

Saya baru saja bayar iuran BPJS Kesehatan, setelah Cek Mutasi via Internet Banking BCA ada transaksi auto debet untuk pembayaran bulan yang sama? Bagaimana Cara klaim kembali dana tersebut?

Terkait hal tersebut dimana ada 2 kali pembayaran di bulan yang sama sebaiknya Konfirmasi langsung ke pihak BPJS Kesehatan.


Kalau transaksi dilakukan di hari libur (bukan jam kerja BCA) dan Status PEND, dana sudah terpotong tapi belum masuk rekening tujuan. Apa harus menunggu hari kerja baru Status berubah?

Selama transaksi telah berhasil dan sudah memotong saldo, maka transaksi telah berhasil dijalankan. Namun bila saldo belum juga masuk rekening tujuan silakan hubungi Hallo BCA di 1500888.


7 komentar: Apa Arti Istilah PEND pada Rekening Tabungan BCA? Cek Disini

  1. Waduh kalo bca kyak gini keluhan nasabah rata2 sama.. Buat transaksi status slalu pend.. Mending pake yg lain yg aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena sistem / jaringan BCA kak yang sering bermasalah

      Hapus
  2. Hari inipun saya mengalami ...BCA oh BCA

    BalasHapus
  3. Halo, ijin diskusi mungkin ada yg bisa bantu. Saya tdk merasa melakukan transfer tp cek di mutasi ada transfer uang keluar, dan status PEND. Koq bisa ya, pdhal PIN hanya saya yg tau.

    BalasHapus
  4. Kenapa ada setatus pend pada mutasi rek saya dan di hari itu ad penarikan dana padahal saya tidak melakukan nya dan sldo saya brkurang

    BalasHapus
  5. Kalo gak ada keluhan ke halo BCA 1500888, gak ada pemasukan lain, karena sekali telpon tarifnya jngn cob ciba klo tidak punya pulsa 30 rebu... sia sia aja.

    BalasHapus