3 Penyebab Utama Error Penyalahgunaan Kartu di Mesin ATM BNI

penyalahgunaan kartu atm bni

" Saat Tarik Tunai atau Transfer di mesin ATM BNI tiba - tiba muncul peringatan Penyalahgunaan Kartu harap ambil Kartu Anda, Ada apa dengan Kartu saya? Apa Kartu ATM saya di Bobol? "


Kartu ATM BNI Error - Bank BNI selalu mengutamakan layanannya guna meningkatkan kenyamanan nasabah, salah satunya fasilitas mesin ATM.  Dengan Kartu ATM nasabah bisa melakukan berbagai jenis transaksi baik itu finansial maupun non finansial.


Baca Juga :


Penyebab & Solusi Error alert Internet & Mobile Banking BNI

Solusi BNI Mobile Alert 2754 Transaksi Tidak Bisa Dilanjutkan

Gagal Aktivasi BNI Mobile Banking "MBANK52"? Ini Solusinya!!



Namun terkadang ada saja kendala yang ditemukan, misalnya muncul keterngan error " Penyalahgunaan Kartu, Silahkan Ambil Kartu Anda ". Alhasil proses transaksi gagal tidak bisa dilanjutkan.



Terkait permasalahan diatas tentu membuat kita bingung dan panik. Ada apa dengan Kartu ATM BNI saya? Bagaimana Cara mengatasi error " Penyalahgunaan Kartu, Silahkan Ambil Kartu Anda " ?


Poin pertama yang harus kamu lakukan adalah, Tetap Tenang dan jangan Panik!!


Penyebab Error " Penyalahgunaan Kartu, Silahkan Ambil Kartu Anda "


Ada beberapa penyebab utama munculnya Pesan Peringatan Error tersebut, diataranya :


1. Kartu ATM BNI Kadaluarsa / Expired

kartu atm bni expired kadaluarsa


Penyebab yang paling sering terjadi munculnya peringatan error tersebut adalah Kartu ATM Kadaluarsa. Untuk mengetahui masa aktif Kartu Debit (ATM), sobat bisa melihat tanggal expired pada fisik Kartu ATM biasanya terlerak di bagian depan Kartu.

 

Bila Kartu Debit / ATM benar benar expired silakan Kunjungi Kantor Cabang BNI terdekat untuk mengganti dengan Kartu ATM baru. 


Adapun persyaratan yang dibutuhkan, seperti :

  • Kartu ATM (Debit) lama
  • Buku Tanbungan
  • Identitas Diri (KTP / SIM)


2. Jaringan ATM BNI Maintenace (Perbaikan)

gangguan jaringan atm bni


Padahal Kartu ATM belum expired / kadaluarsa tapi muncul pesan error " Penyalahgunaan Kartu, Silahkan Ambil Kartu Anda ". Apa yang terjadi?


Untuk kasus ini bisa disebabkan karena adanya Gangguan pada server Jaringan Bank BNI sehingga menyebabkan koneksi terputus.


Cara mengatasinya silakan lakukan transaksi di Gerai mesin ATM BNI lainnya. Bila masih error coba pula mengunakan ATM Bank lain (ATM Bersama, Link atau Prima).


3. Terdeteksi Pencurian Data ATM

Terdeteksi Pencurian Data ATM


Sistem keamanan Bank BNI akan bekerja bila ditemukan indikasi pencurian data nasabah oleh tangan tidak bertanggung jawab. Dan sistem akan otomatis memblokir Kartu ATM / Debit tersebut.


Memang hal ini membuat nasabah tidak nyaman karena Kartu ATM tidak bisa melakukan transaksi apapun. Apalagi saat ini transaksi tersebut sangat dibutuhkan, terlebih lagi tidak ada pemberitahuan sama sekali oleh pihak Bank BNI.


Solusinya, silakan hubungi Call Center BNI pada dial 1500046 atau kunjungi Customer Service di Kantor Cabang BNI terdekat.


Cara Mengatasi Error Penyalahgunaan Kartu ATM BNI


  1. Pasikan Kartu Debit / ATM BNI anda belum expired (kadaluarsa). Silakan lihat pada bagian depan Kartu fisik.
  2. Bila terjadi error Penyalahgunaan Kartu ATM BNI, silakan hubungi Call Center BNI di 1500046 untuk mengecek status Kartu ATM.
  3. Jika pengecekan Call Center BNI dan Kartu ATM terblokir / tidak aktif. Silakan kunjungi Kantor Cabang BNI terdekat dan membawa Buku Tabungan, Kartu ATM, Identitas diri (KTP/SIM).
  4. Bila Buku Rekening hilang, maka kamu harus menyertakan Surat Keterangan Hilang dari kantor kepolisian.
  5. Ambil nomor antrian Customer Service di Bank BNI.
  6. Nantinya Costumer Service akan menanyakan data diri pribadi seperti Tanggal lahir, nama ibu kandung, Nomor Telepon dan alamat tinggal.
  7. Pihak Costumer Service akan memproses pengaktifan kembali kartu ATM anda.


Semoga informasi tersebut bisa memecahkan masalah anda tentang Error ' Penyalahgunaan Kartu '. Sebenarnya Cara Mengatasi masalah tersebut tidak hanya berlaku untuk nasabah BNI saja, namun juga berlaku untuk Bank lain seperti BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BTN, Permata, Danamon, NISP, BCA dan Bank lainnya. Karena pada solusinya hampir sama.