Saldo Minimal BRI Simpedes setelah Penarikan dan Transfer

saldo minimal bri simpedes

" Mau Tanya, Saldo Rekening BRI simpedes saya ada Rp. 200 ribu rupiah. Apakah bisa diambil semua via ATM? Atau harus ada saldo mengendap di rekening? Kalo ada berapa sih saldo minimal BRI Simpedes? "


Saldo Minimal BRI Simpedes – Mengenai pertanyaan diatas dimana saat tarik tunai atau transfer temen - temen tidak bisa mengosongkan saldo rekening tabungan. Kenapa? Karena Bank BRI mempunyai kebijakan tentang saldo minimal pada rekening atau biasa disebut saldo mengendap.


Apa itu Saldo Minimal BRI Simpedes?


Saldo minimal BRI merupakan batas saldo yang mengendap atau ditahan pada rekening setelah melakukan transaksi dan telah dikurangi biaya transaksi. 


Artinya temen - temen tidak dapat melakukan transaksi finansial jika jumlah saldo setelah transaksi dibawah saldo minimum sesuai ketentuan Bank BRI. 


Ketentuan tersebut tidak hanya berlaku untuk Bank BRI saja,  namun hampir semua bank menetapkan ketentuan yang sama. 


Antara saldo minimal dan saldo mengendap sebenarnya sama saja. Karena kedua istilah tersebut merupakan jumlah nominal yang tidak bisa diambil atau digunakan untuk transaksi. Nantinya saldo mengendap tersebut digunakan untuk biaya administrasi bulanan yang secara otomatis dipotong oleh pihak Bank BRI. 


Jadi, bisa dikatakan uang yang harus tersisa pada rekening tabungan setelah penarikan atau transfer di tambah biaya transaksi. 


setiap jenis tabungan BRI tentu memiliki ketentuan jumlah saldo mengendap pada rekening. Dan besarnya juga beragam besar kecilnya, tergantung jenis rekening tabungan yang temen - temen gunakan. 


Dengan adanya saldo mengendap, Bank BRI tetap bisa melakukan potongan biaya administrasi bulanan atau biaya penutupan rekening saat tabungan berstatus dormant (tidak aktif selama 6 bulan). 


Lalu Berapa Jumlah Saldo Minimal BRI Simpedes? 


Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas, jumlah saldo minimal atau saldo mengendap tergantung dari jenis tabungan yang temen - temen gunakan.


Dan kebetulan mimin juga nasabah Bank BRI dengan jenis tabungan Simpedes dan pemegang Kartu ATM BRI GPN.


Inilah Penampilan Kartu ATM BRI GPN yang mimin gunakan :

saldo minimal bri simpedes


Menurut informasi resmi dari situs resmi Bank BRI tentang kebijakan saldo minimal untuk tabungan BRI simpedes, minimal saldo yang ditahan adalah Rp. 50.000.


Maka dari itu jika temen - temen tidak ingin nomor rekening Anda hangus (tidak aktif), usahakan agar saldo rekening tidak dibawah Rp. 50.000.


Untuk itu, temen - temen bisa memperkirakan sisa saldo sebelum melakukan tarik tunai atau transfer.


Baca Juga :


√ 10+ Cara Transfer BRI ke BRI Syariah : Mobile Banking & SMS

√ 7 Cara Cek Nomor Rekening BRI yang Lupa hanya lewat HP

Cara Blokir ATM BRI yang Hilang / Tertelan Tanpa ke Bank



Sebagai contoh,  

  1. Temen - temen memiliki Saldo rekening Rp. 200.000. Berapa saldo yang bisa diambil? Karena saldo yang ditahan sebesar Rp. 50.000 jadi temen - temen memiliki saldo yang bisa digunakan sebesar Rp. 150.000.
  2. Saldo Tabungan saya Rp. 200.000, Apakah bisa tarik tunai Rp. 150.000. Bisa, jika penarikan dilakukan pada mesin ATM BRI. Namun jika tarik tunai pada mesin ATM bank lain akan dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000 hingga Rp. 6.500.
  3. Saldo Tabungan saya Rp. 200.000, Apakah bisa di transfer Rp. 150.000 ke rekening Bank lain (misalnya BCA)? tidak bisa, kenapa? Perlu diingat saat transfer ke rekening bank lain akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 6.500. Jadi untuk bisa transfer ke rekening BCA sejumlah Rp. 150.000, minimal saldo harus Rp. 206.500.


Itulah penjelasan singkat tentang saldo minimal BRI simpedes. Semoga dapat bermanfaat Ya!! Bila ada pertanyaan bisa tuliskan di kolom komentar dibawah. 


FAQ tentang Saldo Minimal BRI Simpedes


Berapa Saldo Minimal BRI Simpedes? 

Sesuai ketentuan Bank BRI,  jumlah saldo yang ditahan adalah Rp. 50.000.


Apakah saldo Minimal atau Mengendap bisa digunakan? 

Tidak. Saldo tersebut ditahan pada rekening dan tidak bisa digunakan. Nantinya saldo tersebut akan digunakan untuk biaya administrasi rekening setiap bulannya. 


Bagaimana Jika Saldo BRI Dibawah Rp. 50 Ribu? 

Jika saldo rekening Anda kurang dari Rp. 50 ribu rupiah, maka nantinya Anda akan mendapatkan denda karena saldo berada di bawah minimum. Adapun denda yang dikenakan sebesar Rp. 5.000 setiap bulannya. 


Bagaimana jika Saldo Rekening dibawah Rp. 50 Ribu selama 3 bulan?

Nantinya Anda akan dikenakan denda sebesar Rp. 5.000 setiap bulannya. Dan jika rekening tidak ada aktivitas Debet atau Kredit selama 6 bulan berturut - turut. Rekening Anda akan berstatus Dormant.